Inspirasi Properti Untuk Foto Makanan

Melakukan pengambilan gambar pada produk makanan membutuhkan pengalaman dan keahlian untuk bisa menghasilkan kualitas gambar yang menggugah selera. Bahkan dari foto makanan yang dihasilkan bisa membuat audiens tertarik untuk melakukan pembelian produk yang diambil gambarnya.

Fotografi makanan sendiri merupakan sebuah seni dalam fotografi yang menjadikan makanan sebagai objek terpenting agar makanan yang disajikan bisa tampil keren dan menarik. Biasanya, dalam pengambilan gambar ini akan dibutuhkan ornamen dan peroperti pendukung untuk mendapatkan foto makanan yang menggugah selera.

Ornamen dan properti yang digunakan juga tidak harus sesuatu yang mewah, namun lebih kepada properti yang dekat dengan makanan yang sedang disajikan untuk diambil gambarnya.

Nah, untuk itu pada kesempatan ini akan dibahas beberapa properti yang bisa dijadikan inspirasi untuk pengambilan foto makanan, diantaranya yaitu.

Alas Makanan

Properti pertama yang bisa digunakan untuk memperkuat fotografi makanan adalah alas untuk makanan itu sendiri. Meskipun terlihat sepele, alas makanan bisa mempengaruhi hasil foto makanan tersebut.

Secara umum, banyak fotografer makanan menggunakan kayu yang sudah di cat atau dilapisi dengan wallpaper untuk disesuaikan dengan konsep pemotretan. Namun, jika tidak ada cat atau bahan print yang sesuai, kalian bisa memanfaatkan koran bekas atau karton warna-warni yang biasa dijual murah di toko alat tulis.

Properti Kayu

Properti kedua yang bisa digunakan untuk menguatkan fotografi makanan adalah properti kayu. Properti ini bisa membuat makanan terlihat keren dan natural. Biasanya, properti kayu yang digunakan adalah talenan, penggiling adonan yang terbuat dari kayu ataupun nampan yang memiliki bentuk persegi.

Namun, untuk improvisasi, bisa juga memanfaatkan properti kayu yang lain seperti meja kayu yang ditaburi dengan bumbu atau bahan makanan dan sejenisnya. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian dan pastikan makanan utama tetap terlihat menonjol.

Serbet

Kemudian properti yang bisa mendukung untuk fotografi makan adalah serbet. Penggunaan serbet ini penting karena hampir setiap proses pembuatan masakan akan didampingi serbet. Jadi, pastikan properti ini tampak sesuai dan selaras dengan makanan yang diambil gambarnya.

Untuk tips penggunaan properti ini, pastikan bahwa serbet yang digunakan adalah serbet khusus pengambilan gambar dengan warna yang polos, kotak atau bisa juga pola lainnya seperti serbet dari karung goni misalnya.

Sendok dan Garpu

Mengambil sebuah foto makanan tentu tidak bisa dilepaskan dari yang namanya sendok dan garpu. Maka, memasukkan properti ini hukumnya wajib dalam fotografi makanan. Alat makan ini bisa disertakan dalam pengambilan gambar untuk menambah kekuatan gambar yang dihasilkan.

Sendok dan garpu yang digunakan bisa berasal dari bahan stainless steel ataupun kayu dengan berbagai ukuran. Gunakan sendok dan garpu dengan bentuk yang unik untuk menarik perhatian audiens atau orang yang melihat foto tersebut.

Tanaman Hias

Properti lain yang bisa digunakan untuk fotografi makanan adalah tanaman hias. Properti ini digunakan untuk menambahkan kesan kesegaran pada makanan. Tanaman hias yang bisa digunakan seperti bunga mawar, melati maupun tanaman hias asli lainnya.

Namun, jika tanaman hias asli terlalu mahal, kalian bisa menggunakan tanaman imitasi atau buatan. Selain hemat, tanaman hias imitasi atau buatan bisa dipakai berkali kali.

Wadah

Selanjutnya properti yang bisa menambah keotentikan sebuah fotografi makanan adalah Wadah. Sandingkan makanan dengan wadah digunakan untuk melakukan plating dalam penyajian makanan.

Atau, bisa juga menggunakan wadah yang ada di dapur seperti wajan atau teflon untuk memperlihatkan proses pemasakan makanan yang dilakukan untuk makanan tersebut, sehingga audiens bisa membayangkan rasa yang sesungguhnya dari masakan yang sedang di ambil gambarnya

Cangkir Enamel Blirik

Cangkir Blirik adalah cangkir yang sering digunakan oleh banyak orang di Indonesia pada sekitar tahun 90-an. Saat ini cangkir ini menjadi hits karena banyak sekali kafe yang menggunakannya untuk menampilkan kesan Vintage untuk hiasan ataupun menyajikan minuman.

Cangkir blirik ini sangat sesuai digunakan untuk melakukan pemotretan produk minuman seperti kopi dan teh panas. Untuk memperlihatkan kesan jadul dan menarik. Selain cangkir blirik, kalian juga bisa menggunakan cangkir yang memiliki hiasan gambar dan kata-kata lucu.

Tea Set Motif

Inspirasi lain untuk menambah kesan menarik pada fotografi makanan adalah dengan menggunakan satu set cangkir dan teko minuman. Satu set in berisikan cangkir, pisin dan teko dengan pilihan warna yang menarik. Biasanya dilengkapi dengan motif bunga dan motif abstrak lainnya,

Satu set cangkir teh ini akan menambah kesan stylis pada foto minuman. Harga pembelian properti ini juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar 200 ribuan saja sudah lengkap semuanya.

Bahan bahan diatas banyak ditemukan di toko peralatan dapur maupun toko barang tua. Namun, jika tidai di temukan, maka bisa menggunakan properti lain yang ada sekitar kalian untuk tambahan alat fotografi.

Setelah membahas tips mengenai properti yang bisa digunakan untuk fotografi makanan, akan kita ulas sedikit juga mengenai cara mudah untuk membuat foto makan terlihat kekinian, diantara tips nya adalah:

  • Tampilkan Makanan dalam Porsi Sedikit. Hal ini dilakukan untuk memperlihatkan makanan yang lebih menarik dan juga untuk meningkatkan fokus audiens kepada makanan yang sudah disiapkan. Selain itu, audiens juga bakal bisa melihat dengan detail setiap ornamen yang ada pada makanan tersebut
  • Gunakan Alas dengan Warna yang Kontras. Selain itu, kalian juga menyiapkan alas yang memiliki warna yang kontras dengan makanan. Semisal kalian memasak kari ayam dengan warna orange yang mencolok, maka gunakan alas yang gelap untuk menonjolkan warna makanan
  • Sajikan Secara Natural. Tips ketiga yaitu pastikan bahwa tata letak yang digunakan dalam pemotretan foto makanan terlihat natural. Karena biasanya, ketika dilakukan penataan pada makanan dengan menu rumahan, makanan akan terlihat kaku. Jadi, perhatikan plating tersebut.
  • Ambil Foto dalam Berbagai Sudut. Tips terakhir dalam pengambilan foto makanan adalah ambil foto dari berbagai sudut pengambilan untuk mendapatkan hasil terbaik dan melihat foto mana yang paling menggugah selera kalian

Itulah sedikit ulasan mengenai properti untuk kebutuhan fotografi makanan hingga bagaimana cara mengambil gambar yang pas untuk kebutuhan pemasaran. Jika sudah mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan, maka selanjutnya adalah memikirkan bagaimana cara untuk mendistribusikan foto makanan untuk mendapatkan audiens.

Bisa menggunakan platform Instagram, Facebook Page dan sosial media yang khusus untuk kebutuhan fotografi seperti pinterest, pixabay dan juga platform lainnya. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu temen temen semua yang ingin belajar mengenai cara mengambil gambar makanan yang baik untuk kebutuhan marketing dan lain sebagainya.

Untuk bisa mendapatkan tips seputar fotografi, silahkan bookmark halaman website ini, atau kalian juga bisa mengunjugni website ombaldan.id untuk mendapatkan tips seputar internet marketing mulai dari blog, pemasaran hingga paid promote berbayar melalui platform facebook ads dan juga instagram.

Tinggalkan komentar