Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli

Richardbondphotography.com Teknologi digital terus maju seiring dengan kemajuan teknologi, hal ini juga terasa pada pola dan model pengambilan foto yang dulunya menggunakan perangkat yang besar, kini beralih ke perangkat yang lebih kecil seperti smartphone untuk keperluan fotografi.

Fotografi memang bisa dilakukan dengan media apapun, tapi tetap saja, hasil maksimal akan terasa jika menggunakan perangkat yang memang ditujukan untuk mengambil foto dengan baik. Anyway, membicarakan tentang fotografi, sebenarnya apa sih fotografi itu?

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai bagaimana sejarah munculnya fotografi mulai dari Embrio hingga perkembangannya di Indonesia. Berarti sekarang waktu yang tepat untuk dapat memahami apa sih pengertian dari fotografi menurut para ahli di bidang ini?

Pengertian Fotografi

Fotografi secara terminologi dapat dipahami sebagai gabungan dari dua kata pada bahasa Yunani, pertama adalah kata ‘fos’ yang memiliki arti cahaya dan yang kedua adalah kata ‘grafo’ yang memiliki arti melukis atau menulis.

Secara gampang, fotografi adalah sebuah teknik melukis atau melakukan perekaman sebuah gambar yang nantinya bisa bertahan lama dengan menggunakan bantuan cahaya atau radiasi elektromagnetik lainnya.

Untuk mendapatkan pemahaman lebih jelas, kita akan membahas pengertian Fotografi dari beberapa ahli secara langsung.

Fotografi Menurut Ansel Adams

Menurut Ansel Adam yang merupakan fotografer asal Amerika Serikat yang lebih fikus kepada landscape fotografi dan juga dinenal sebagai environmentalist dengan hasil foto hitam putih, fotografi adalah seni kreatif yang melebihi sarana ide komunikasi faktual.

Tidak hanya itu, fotografi juga bisa diartikan sebagai sebuah media untuk menyalurkan ekspresi dan komunikasi yang kuat sehingga menghasilkan tawaran beragam persepsi, interpretasi juga eksekusi yang tidak terbatas.

Idealisme yang di percaya Ansel Adams adalah bahwa foto merupakan media bagi para fotografer untuk menyampaikan dan menceritakan kisah. Bagi Ansel Adams, akan selalu ada dua hal yang harus diperhatikan dalam sebuah foto, diantaranya yaitu fotografer dan Audien.

Fotografi Menurut Elliot Erwitt

Elliot Erwitt adalah fotografer yang ahli dalam pengambilan gambar untuk bidang pemasaran dan dokumenter. Dia berasal dari Amerika Serikat.

Pengertian Fotografi menurut Elliot Erwitt adalah seni untuk melakukan observasi. Fotografi adalah mengenai bagaimana cara untuk menemukan hal yang menyenangkan pada tempat yang baisa saja.

Lebih jauh lai menurut Elliot Erwitt, fotografi bukan tentang apa obyek yang kita lihat tetapi mengenai bagaimana cara kita sebagai fotografer melihat obyek tersebut.

Pendapat yang menarik dan bisa dijadikan pegangan dari seorang Elliot Erwitt adalah bahwa sebagai seorang Fotografer, kita bisa mendapatkan foto bagus dimana saja. Itu hanya masalah bagaimana kita melihat dan mengorganisir obyek foto dengan baik. Catatan yang perlu diperhatikan yaitu kita perlu peduli terhadap lingkungan sekitar terutama jika terkait dengan kemanusiaan dan komedi.

Fotografi Menurut Amir Hamzah Sulaiman

Amir Hamzah Sulaiman dalam bukunya Teknik Kamar Gelap Untuk Fotografi menuliskan bahwa fotografi merupakan istilah yang berasal dari kata foto dan grafi yang masing masing memiliki arti cahaya dan menulis.

Jadi, pengertian fotografi secara keseluruhan adalah melakukan penggambaran dengan menggunakan bantuan cahaya, namun ada juga yang mengartikannya dengan menulis dengan menggunakan cahaya.

Pengertian Fotografi yang dituliskan Amir Hamzah Sulaiman inilah yang banyak dikutip oleh pelajar yang sedang melakukan kajian pustaka mengenai fotografi.

Fotografi Menurut Yudi Soerjoatmodjo

Dia merupakan seorang fotografer senior di Indonesia yang fokus di industri media cetak. Dikenal sebagai seorang eseis foto karena ahli dalam pengambilan gambar yang memotret kisah manusia. Yudhi Soerjoatmodjo sudah kenyang dengan hidup kaum pinggiran seperti imigran Afrika yang berasal dari Prancis, Golongan Komunis di Eropa Timur hingga kaum waria di Indonesia.

Yudhi Soerjoatmodjo memberikan definisi fotografi sebagai sebuah media komunikasi dan alat dialog yang berfungsi dokumentatif, informatif juga masuk dalam bagian seni.

Fotografi Menurut Seno Gumira Ajidarma

Secara aktual Seno Gumira Ajidarma di Indonesia lebih dikenal sebagai seorang penggiat sastra juga sebagai penulis cerpen, esai hingga penulis script sebuah film. Tapi, sebelum itu Seno Gumira Ajidarma juga merupakan seorang jurnalis, hingga dia tak asing membicarakan fotografi.

Dalam buku yang berjudul ‘Kisah mata (Fotografi antara Dua Subjek: Pebincangan tentang Ada)’, dia menjelaskan bahwa foto bisa menjadi berarti karena adanya perbedaan makna dari banyaknya audiens.

Seno Gumira Ajidarma memberikan pengertian fotogragi sebagai sebuah usaha untuk menampilkan dan berperan dalam sebuah realitas yang terdapat dalam foto, sehingga nantinya dapat dikenal dan dihayati yang ditampilkan kepada audiens sebagai sebuah representasi

Fotografi Menurut Dr. I Komang Sudarna

Dr. I Komang Sudarna adalah seorang dosen di salah satu perguruan tinggi di Bali, berbeda dengan banyak ahli fotografi yang merupakan praktisi fotografi.

Melalui buku yang ditulisnya ‘Fotografi’ terbit tahun 2015. Dr. I Komang Sudarna mendapat banyak kutipan yang dilakukan oleh pelajar yang sedang melakukan studi literasi mengenai fotografi.

Dr. I Komang Sudarna menjelaskan bahwa foto adalah salah satu media untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan atau ide kepada orang lain.

Menurut Marcus Sudjojo

Marcus Sudjojo seorang fotografer profesional yang fokus kepada fotografi model dan juga hobi melakukan pengambilan gambar landscape dan still life. Salah satu karya penting Marcus Sudjojo dalam bidang fotografi berjudul ‘Tak-Tik Fotografi.

Dalam buku itu Marcus Sudjojo mengajarkan kepada pembacanya untuk mendapatkan foto yang tajam menggunakan berbagai jenis kamera mulai dari kamera yang tersemat di smartphone, kamera saku hingga kamera SLR atau DSLR.

Marcus Sudjojo berbeda dengan fotografer lain yang lebi membahas fotografi dalam artian makna. Dia mendefinisikan fotografi sebagai sesuatu yang bersifat teknis. Pengertian Fotografi menurut Marcus Sudjojo adalah sebuah kegiatan merekam dan melakukan manipulasi terhadap cahaya untuk dapat menghasilkan hal yang di inginkan.

Fotografi Menurut Richard Maynard

Richard Maynard, fotografer yang berasal dari Kanada yang fokus pada urusan Landscape Fotografi. Dia dan Istrinya, Hannay Maynard banyak menghasilkan foto landscape yang sangat membekas di daerah British Columbia.

Menurut Richard Maynard, fotografi adalah sains atau sebuah seni yang menghasilkan sebuah gambar dengan menggunakan penandaan pada permukaan yang sensitif dengan menggunakan bantuan cahaya.

Itulah 9 Pengertian Fotografi dari para ahli fotografi baik yang berasal dari Indonesia maupun belahan dunia lain. Dari semuanya bisa kita ambil kesimpulan bahwa selain menggunakan teknik dasar, Fotografi juga memerlukaan kepekaan dalam melihat sebuah obyek sehingga dapat menghasilkan karya yang memorable atau dikenang dan juga bisa menimbulkan berbagai perspektif bagi orang yang melihatnya.

Selain fotografer tentu banyak lagi pengertian fotografi dari tokoh lain yang kurang lebih memiliki makna yang hampir sama. Jadi, dari sini, sebagai seorang fotografer yang dibutuhkan adalah pemantapan skil dengan lebih sering melakukan hunting foto untuk dapat menemukan feel dan jenis fotografi seperti apa yang cocok dengan kita.

Tinggalkan komentar