8 Kesalahan Umum dalam Fotografi Makanan yang Harus Dihindari

Saat ini, semua orang adalah fotografer makanan. Aksesibilitas dan kemudahan mengambil foto makanan kini menjadi berkah sekaligus kutukan. Ponsel cerdas telah memungkinkan banyak orang untuk terjun ke dunia fotografi makanan untuk menangkap beberapa hidangan yang menarik, tetapi itu juga menghasilkan beberapa foto yang sangat tidak menyenangkan.

8 Kesalahan Fotografi Makanan

Berikut adalah delapan kesalahan fotografi makanan yang harus dihindari untuk memastikan bahwa feed Anda penuh dengan foto-foto indah dan lezat yang tidak akan membuat seseorang kehilangan nafsu makannya.

1. Menggunakan Flash

Jangan gunakan flash, kecuali Anda bekerja di studio dengan peralatan level pro. Itu norak, datar dan belum lagi mengganggu di ruang restoran.

Tampaknya jelas, tetapi ada banyak foto di luar sana yang tampaknya melewatkan memo itu. Pada akhirnya, tidak ada yang mengalahkan cahaya alami dalam hal fotografi makanan.

2. Salah Fokus

Dalam fotografi makanan, depth of field yang dangkal adalah cara yang bagus untuk menonjolkan makanan. Namun demikian, ini juga berarti bahwa pemfokusan bisa menjadi masalah.

Meskipun dapat menciptakan efek yang sangat halus dan dramatis, pastikan Anda menggunakan titik fokus dengan benar. Jika titik AF Anda tidak memotongnya, fokuskan gambar secara manual.

Saat memotret foto udara dari atas ke bawah, jauhi aperture yang lebih tinggi untuk menghindari gambar buram.

3. Terlalu Dekat

Kita semua tahu bahwa beberapa makanan paling enak belum tentu yang paling cantik, terutama jika menyangkut makanan yang lezat, berisi kuah, dan berkuah. Dalam kasus ini, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah memperbesar dan menyorot sisi “buruk” nya.

Alih-alih, cobalah menggeser dan mengatur pemandangan. Hiasi dengan hiasan cerah dan taruh di atas meja dengan serbet, piring, dan peralatan lainnya. Hadirkan emosi ke dalam tampilan melalui suasana hati, bukan hanya melalui hidangan itu sendiri.

4. Memotret Makanan Pada Sudut Yang Sama Saat Anda Makan

Dalam fotografi, sudut sangat penting. Hal yang sama berlaku untuk fotografi makanan. Sering kali, sudut makan Anda tidak selalu yang paling menggugah selera. Sudut klasik 45 derajat tidak memberikan keadilan makanan — membungkuk dan potret langsung dari samping, atau dari tampilan atas-bawah (favorit media sosial).

Bereksperimenlah dan jangan takut untuk bergerak (biasanya disarankan saat mengambil gambar di rumah, mungkin jangan lakukan ini di restoran mewah…).

5. Plating Dengan Warna Aneh

Ada beberapa warna yang sangat jarang melengkapi makanan. Pelat hijau cerah, oranye, atau merah bisa sangat sulit digunakan dan akan mengurangi subjek utama foto. Pilih piring netral berwarna putih, hitam atau abu-abu.

Tentu saja, jangan ragu untuk menjelajah, tetapi pastikan untuk tetap waspada terhadap permainan warna makanan dan properti.

6. Tidak Memperhatikan Pemandangan

Memotret makanan secara langsung, di kafe, restoran, dll., Berarti ada banyak gangguan. Anda sedang terburu-buru, mencoba mengambil gambar sebelum orang-orang menjadi lapar, dan seringkali, itu berarti Anda begitu fokus pada satu hal sehingga Anda mungkin melewatkan yang lain.

Itu juga berarti serbet kotor, piring berantakan, atau tulang yang setengah dimakan tergeletak di sudut foto yang tidak Anda sadari sampai nanti. Saat memotret, pastikan untuk berhenti dan melihat semua yang ada di bingkai.

7. Menembak Seperti Orang Lain

Kita semua pernah melihat secangkir kopi dan kue, dan saya tahu saya bersalah karena merekam kedua subjek tersebut dari atas ke bawah.

Namun, meskipun bidikan udara diketahui mendapatkan banyak suka, sebaiknya Anda keluar dari kebiasaan dan menantang diri Anda sendiri untuk mengambil gambar secara berbeda dari yang lain.

Alih-alih selalu memotret makanan yang ditempatkan dengan sempurna, gigit makanannya, atau mintalah tangan meraih hidangan untuk menambah kehidupan.

Baik itu bermain dengan cahaya, sudut, atau properti, pastikan untuk bereksperimen saat memotret makanan, itulah yang membuatnya menyenangkan!

8. Mengedit berlebihan

Kita semua menyukai filter, tetapi jangan berlebihan. Itu berlaku untuk preset dan tindakan juga. Makanan dimaksudkan untuk dikonsumsi dan alami, dan proses pengeditan harus mencerminkannya.

Hindari menambahkan terlalu banyak dan berbuat salah selain melakukan lebih sedikit. Dan tolong, jangan pernah menggunakan filter HDR pada makanan.

Dengan tip ini di gudang senjata Anda, Anda harus siap untuk memotret beberapa gambar makanan yang indah.

Tinggalkan komentar