10+ Jenis Jenis Fotografi Untuk Pemula

Richardbondphotography.com –¬†Mempelajari fotografi bukan hanya tentang bagaimana mengambil gambar dengan alat yang ada. Tapi juga harus memahami pengertian dan juga jenis jenis fotografi yang ada untuk meningkatkan skill dan memaksimalkan hasil jepretan gambar kita.

Sebagai sebuah ilustrasi, ketika kita datang di sebuah pameran foto, pasti akan melihat banyak variasi gambar. Entah itu dari segi objek, sudut pengambilan gambar, hingga kerumitan lain yang belum bisa kita pahami.

Perbedaan itulah yang masuk dalam kategori jenis jenis fotografi yang harus kita pahami. Nah, sebenarnya ada berapa sih jenis jenis fotografi? Yuk langsung kita bahas satu persatu dalam artikel santai ini.

Fotografi Dokumenter

Fotografi dokumenter adalah jenis fotografi yang paling sering kita jumpai. Biasanya, fotografi dokumenter mendeskripsikan mengenai peristiwa melalui sebuah gambar. Pertanyaannya adalah, samakah fotografi dokumenter dengan jurnalistik? Jawabannya adalah keduanya mempunyai perbedaan sudut pandang tersendiri.

Fotografi Dokumender ditujukan sebagai sebuah dokumen sosial atau dokumen sejarah era politik. Sementara fotografi jurnalistik adalah sebuah hasil foto yang hanya menggambarkan tentang satu peristiwa atau kejadian pada saat itu.

Fotografi Jurnalistik

Jenis fotografi kedua ini adalah yang paling mudah dilakukan, bahkan seorang amatir bisa mengambil foto seperti ini tanpa melalui pelatian. Fotografi ini adalah Fotografi Jurnalistik. Namun, fotografi jenis ini seringkali hanya dilakukan oleh ahli fotografer. Kenapa demikian? Karena sebagai fotografer jurnalistik, seseorang harus yakin bahwa hasil bidikannya perlu untuk mempertahankan keaslian dari peristiwa yang sedang terjadi.

Salah satu bagian dari fotografi jurnalistik adalah fotogragi selebriti. Secara definisi, fotografi selebriti adalah foto yang beraiktan dengan mengambil objek selebriti di semua bidang yang ada.

Karena umumnya, banyak industri hiburan yang memanfaatkan foto-foto tersebut dari koran dan majalah ke dalam media berbasis online. Sebagai contoh yaitu selebriti yang di dijadikan objek melalui perencanaan cermat dan dilakukan pada lokasi outdoor maupun indoor dengan gaya yang telah direncanakan secara maksimal.

Fotografi Makro

Jenis fotografi lain yang juga banyak digemari di seluruh dunia adalah Fotografi Makro. Jenis fotografi ini merupakan sebuah cara pengambilan objek gambar dari jarak yang sangat dekat.

Fotografi ini kurang cocok dilakukan untuk pemula karena biasanya memerlukan perlengkapan yang canggih dan mahal. Meskipun demikian, untuk keperluan belajar, fotografer amatir bisa memakai mode macro yang biasanya sudah ada pada fitur kamera digital.

Untuk objek yang bisa diambil dalam jenis fotografi makro cukup beragam, seperti butir air, bunga, serangga hingga objek lain yang jika didekatkan kepada objek terebut memiliki detail gambar yang bagus dan cantik

Fotografi Aksi

Fotografi Aksi lebih identik kepada pengambilan gambar dalam bidan olahraga, hal ini karena objek yang diambil biasanya merupakan aksi menarik dengan gerakan yang cepat. Untuk itu, jenis fotografi ini harus dilakukan dengan fokus yang penuh agar tidak kehilangan momentum.

Fotografi Glamour

Fotografi selanjutnya adalah Fotografi Glamour, biasanya banyak orang salah paham dengan jenis fotografi ini karena pada akhirnya foto yang diambil mengarah pada Foto yang menampilkan erotisme dan fotografi.

Padahal, fotografi Glamour seharusnya menagkap objek yang ada dengan mengambil penekanan pada lekuk kurva pada tubuh dan pencahayaan yang menghasilkan bayangan yang bagus sehingga menghasilkan deskripsi pada objek dalam sebuah cahaya yang glamour.

Fotografi Mikro

Jika fotografi Makro lebih menekankan kepada objek yang dekat, Fotografi jenis Mikro lebih kepada mengambil gambar objek yang sangat kecil dan menggunakan bantuan mikroskop dan kamera khusus.

Biasanya fotografi jenis ini diaplikasikan pada ilmu yang beragam seperti kedokteran, biologi bahkan hingga astronomi.

Fotografi Seni Rupa

Fotografi seni rupa lebih dikenal dengan nama yang lebih pendek yaitu fotografi seni yang menghasilkan hasil fotografi yang memberikan nilai estetika. Fotografi ini kemudian menghasilkan karya yang biasanya dipajang di galeri dan museum dimana disandingkan dengan penyajian yang bernilai estetika dan juga benda benda yang indah.

Fotografi Bawah Air

Berbeda dengan beberapa jenis fotografi yang dibahas diatas, fotografi ini adalah sebuah cara pengambilan gambar yang dilakukan dibawah air dan biasa dilakukan oleh para perenang snorkel dan penyelam scuba.

Fotografi ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena selain harus fokus menyelam, fotografer juga harus bisa memilah objek mana yang akan dia ambil. Apalagi, penggunaan kacamata pada penyelam yang membuat objek membesar tentu saja bisa menimbulkan distorsi pada pemilihan objek.

Fotografi Aerial

Berlanjut kepada fotografi lainnya, jika kita sudah membahas fotografi yang dilakukan di darat dan di arit, fotografi ini dilakukan melalui udara yaitu Fotografi Aerial. Fotografer biasanya mempunyai spesialiasi dalam melakukan pengambilan objek melalui atas.

Fotografi ini diperlukan dan dimanfaatkan untuk konstruksi dan juga survei, mengambil gambar cuaca ataupun mengambil gambar burung pada film hingga foto yang bertujuan untuk aktivitas militer.

Alat yang digunakan oleh fotografer aerial biasanya yaitu parasut, pesawat, remote control dan balon untuk pengambilan gambar dari udara.

Fotografi Perjalanan

Fotografi perjalanan adalah sebuah foto yang dihasilkan dari dokumentasi sebuah perjalanan yang hasilnya bisa berupa pemandangan suatu daerah, adat istiadat, budaya hingga sejarahnya.

Menurut Society of America Fotografi menggambarkan fotografi perjalanan sebagai sebuah fotografi yang menggambarkan ekspresi dan perasaan berdasarkan tempat dan waktu sehingga menampilkan orang orangnya, budaya, landscape daerahnya dan tidak berpegang pada satu geografis.

Fotografi Pernikahan

Fotografi pernikahan atau lebih dikenal sebagai weeding fotografi yang memadukan beberapa jenis fotografi dalam satu hal. Di beberapa sisi, fotografi ini lebih kepada fotografi dokumentasi, namun foto yang dihasilkan bisa diedit sedemikian rupa untuk memunculkan kesan klasik dan sebagainya.

Fotografi Periklanan

Fotografi periklanan fokus kepada pengambilan gambar yang diperuntukkan untuk keperluan advertising. Diamna pada fotografi periklanan ini harus menghasilkan gambar yang unik dan terkesan eye cacthing dengan memadukan jenis fotografi glamour dan juga footgrafi makro.

Fotografi Jalanan

Fotografi jalanan sering kita lakukan, yaitu mengambil gambar yang bersifat dokumentasi dengan menyajikan objek yang candid dan biasanya berada di ruang publik seperti taman, mall, jalan raya, pantai dan banyak lagi tempat yang bisa dijadikan objek dalam fotografi ini.

Fotografi Vernacular

Fotografi vernacular adalah pengambilan gambar yang biasa dilakukan amatir dengan mengambil foto dalam kehidupan sehari hari dan umum ditemukan di kehidupan sehari hari.

Fotografi Balistik

Fotografi ini merupakan fotografi yang berkaitan dengan pengambilan gambar peluru yang ditembakkan dari pistol mampu menembus objek atau anak panah yang meluncur menembus balon.

Fotografi InfraRed

Fotografi ini adalah fotografer yang diambil secara sensitif oleh infrared. Fotografer ini menggunakan filter yang melewati panjang gelombang sinar infrared kepada sensor hingga nantinya menghasilkan sebuah gambar.

Panjang gelombang yang digunakan biasanya 400 nm – 700nm, sementara infrared pada umumnya memiliki gelombang mulai 700nm hingga 1200 nm.

 

Tinggalkan komentar