Fotografi Minuman; Cara Mengambil Gambar Minum Yang Menggugah Selera

Fotografi Minuman; Cara Mengambil Gambar Minum Yang Menggugah Selera

Selain fotografi makanan, minuman juga bisa dijadikan objek dalam fotografi. Disini, fotografer harus bisa menambilkan gambar minuman agar sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh sebuah produk minuman.

Sebagai perumpamaan, jika kita mengambil sebuah minuman dengan komposisi jeruk, ornamen dan komposisi apa sajakah yang harus ditonjolkan dalam sebuah foto? Hal ini tentu saja penting untuk diketahui dan dipahami oleh fotografer.

Nah, untuk mengambil sebuah gambar minuman tentu dibutuhkan tips dan trik khusus. Apa saja sih trik yang dibutuhkan? Mari kita bahas di dalam artikel singkat ini.

Tips Mengambil Fotografi Minuman

Gunakan Pencahayaan

Pencahayaan sangat penting untuk dapat mengambil gambar dengan baik. Cahaya juga berfungsi untuk menambah kedalaman dan ketajaman sebuah gambar. Penggunaan kaca bening atau tembus juga diperlukan untuk dapat menangkap cahaya lebih baik lagi.

Beri Akses Colorful

Seperti yang kita tahu bahwa biasanya minuman tidak memiliki warna yang banyak, disini kita sebagai fotografer bisa menambahkan beberapa elemen dengan warna yang mencolok sehingga bisa memunculkan kesan yang kuat.

Sebagai contoh, ketika kita menyajikan sebuah minuman lemon dengan warna bening, disini kita bisa menambahkan beberapa lemon asli dengan warna hijau yang cerah dalam pengambilan gambar.

Masukkan Bahan Utama

Tips selanjutnya untuk fotografi sebuah minuman yaitu dengan menambahkan komposisi dari bahan minuman kedalam frame sebuah gambar. Semakin lengkap komposisi yang ditampilkan akan semakin membuat hasil gambar menjadi lebih menarik.

Bahan utama ini perlu ditampilkan untuk menambah kesan yang kuat dari bahan yang digunakan untuk membuat sebuah minuman. Seperti gambar yang terdapat di dalam artikel ini yaitu sebuah jus jeruk, dengan meletakkan Jeruk sebagai bahan utama dari minuman ini, tentu menambah kesan kuat dan juga kesegarn dari sebuah gambar.

Gunakan Gelas yang Unik

Selain fokus terhadap minuman yang disajikan dan komposisi, pemilihan tempat minuman atau gelas juga sangat penting agar minuman terlihat eye catching. Nah, disini hindari penggunaan gelas kaca yang generik karena gelas ini merupakan salah satu gelas yang sangat tidak menarik untuk dilihat.

Untuk itu, sebagai fotografer harus mempersiapkan gelas yang unik untuk penempatan minuman yang akan di ambil gambarnya. Hal ini untuk memberikan kesan yang tidak biasa dan menambah rasa penasaran bagi siapapun yang melihatnya.

Tambahkan Efek ‘Embun’ Pada Minuman

Tips lain yang perlu dicoba untuk fotografi minuman yaitu dengan menyajikan efek ‘embun’ pada gelas. Pengambilan gambar ini sangat cocok dilakukan untuk pengambilan gambar untuk minuman yang dingin dan sangat pas disajikan pada hari yang sangat panas.

Cara menyajikan efek embun ini adalah dengan membekukan minuman selama 5 menit kedalam freezer dan lakukan pemotretan dengan cepat sebelum embun yang menetes dari gelas menghilang. Yummy.

Ambil Gambar Dari Sudut Pandang Mata

Tips selanjutnya sebagai fotografer yaitu kita harus mengambil foto minuman dari arah sudut mata kita. Hal ini akan membuat objek terlihat tampak depan dan isi minuman jadi terlihat lebih detail dan menggairahkan.

Perlihatkan Semua Bagian

Hal penting yang juga harus dilakukan oleh fotografer yaitu memperlihatkan semua bagian gelas. Jadi, foto minuman tidak boleh terpotong sama sekali agar gambar terlihat dengan jelas.

Semua tips diatas bisa di implemenasikan dalam satu foto untuk proses pengambilan sebuah gambar. Selain tips diatas, ada juga beberapa tips yang ditujukan khusus untuk sebuah minuman panas dan dingin. Bagaimana saja ya tips yang bisa dilakukan untuk dapat mengambil foto minuman dengan bagus dan mantap? Memtoret asap minuman misalnya?

Tips Memotret Asap Pada Minuman

Nah, untuk memotret asap pada makanan dan minuman, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dan disiapkan, yaitu:

  • Gunakan Tripod dalam ketinggian yang pas dan posisi yang benar terutama pastikan bahwa background sudah menggunakan background yang gelap. Penggunaan background yang gelap ini guna untuk dapat menangkap lebih jelas asap yang keluar dari makanan tersebut.
  • Setelah siap, kemudian siapkan minuman yang panas dengan asap yang mengepul. Lakukan pengambilan gambar sesegera mungkin ketika minuman masih panas.
  • Untuk pengaturan kamera, gunakan fokus manual dan pilih kualitas tertinggi atau RAW. Gunakan ISO rendah antara 100 atau 200 dan mulai dengan apperture atau bukaan f/8 untuk menghasilkan gambar kamera yang tajam dan detail. Selanjutnya, aturlah shutter speed 1/125 atau 1/1200.

Untuk tips diatas, tidak ada istilah benar dan salah. Namun setiap fotografer harus bisa menemukan pola tersendiri untuk dapat menghasilkan gambar yang di inginkan. Perlu di ingat bahwa setting kamera diatas hanyalah contoh, kalian bisa berkekspresi sendiri untuk mendapatkan hasil terbaik untuk foto kalian.

Tips Mengambil Efek Splash Pada Minuman

Satu lagi tips pengambilan gambar minuman yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan efek Splash dari minuman yang disediakan. Apa sajakah yang diperlukan?

Pertama, siapkan peraltan yang dibutuhkan, diantaranya yaitu gelas kosong dan juga tatakannya, difusser 2 buah yang diletakkan pada bagian belakang gelas lalu tambahkan juga external flash di belakang difusser. Bisa juga ditambahkan beberapa external flash di sebelah kiri dan kanan kelas atau di kamera untuk mempertajam hasil gambar.

Kedua, coba ambil gambar gelas dalam keadaan kosong untuk mendapatkan setting yang pas dan sesuai dengan keinginan kamu. Untuk pengaturan kamera, bisa menggunakan shutter speed 1/125. Pertama kali, coba lemparkan es bati ke dalam gelas yang ada dan ambil gambar untuk mendapatkan pengaturan eksposure yang pas. Lakukan berulang untuk mendapatkan hasil yang berbeda untuk perbandingan.

Sebagai tips, bisa dicoba pengaturan dengan shutter speed 1/250, lalu apperture disetting ke f/11 dan menggunakan ISO 1600. Ini hanya contoh saja, kalian bisa menggunakan settingan kalian sendiri.

Ketiga, cara lain yang bisa dilakukan yaitu gunakan papan berwarna hitam di bagian belakang sehingga bagian pinggir mulut gelas terlihat dengan jelas. Jika khawatir bayangan tangan kalian masuk, rubahlah cara melempar es batu kedalam gelasnya.

Keempat, setelah memperoleh hasil yang pas, edit foto yang diambil agar supaya terlihat lebih bagus dan dramatis.

Cara sederhana diatas dapat menghasilkan gambar yang terlihat profesional dan berkelas tergantung dari seberapa sering kalian mencoba teknik yang ada.

Perlu di ingat bahwa fotografi adalah tentang seringnya mencoba teknik baru dan jangan berhenti belajar. Jadi, jika sudah menemukan satu trik jangan malas dan carilah trik lain yang bisa dipelajari.

Setelah membahas fotografi makanan dan minuman, kita akan membahas tips lain yang tidak jauh dari teknik fotografi. Untuk itu bantu share dan jangan lupa simpan artikel yang kita sajikan disini.

Jika kalian sudah memiliki beberapa contoh dan sampel fotografi minuman, silahkan komentar pada blog ini dengan menyertakan link portofolio kalian ya, biar kita bisa melihat hasil belajar kalian.

Tinggalkan komentar